Kumpulan Aneka Makanan Praktis Indonesia

Resep Kerak Telor Betawi

Resep Kerak Telor Betawi / khas jakarta begitu unik. arahan Cara membuat makanan ini gampang juga ya.....cuma memang berbeda dengan masakan lainnya saja. disini ada cara pembuatannya tinggal anda ikutin saja langkah demi Resep Masakan ini supaya hasil sama dengan yg sudah anda rasakan dan lihat.
Sejarah Kerak Telor telah ada pada waktu zaman Belanda menjajah nusantara, saat Batavia atau Jakarta dipenuhi oleh pohon kelapa. Sekawanan Betawi Menteng iseng mencampurkan pada ketan, kelapa parut serta bumbu dapur yang lain. Iseng-iseng banyak tetangga suka makanan ini. mereka juga mulai coba peruntungan dengan berjualan hasil uji coba memasak kerak telor yang unik ini.
resep kerak telor
Resep Kerak Telor khas betawi
tersebut di daerah Monas, laris manis alias laku keras bahkan juga seakan menjadi ciri khas Betawi. Kerak telor pernah jadi makanan elit khas Betawi yang populer kelezatannya. Jakarta tempo dulu punya hasil kelapa yang melimpah, tak heran dijuluki sunda kelapa. Buah kelapa ketika itu sangatlah berlimpah, digunakan oleh masyarakat Jakarta untuk bikin bermacam masakan seperti resep Nasi Uduk, resep Soto Betawi, Kerak Telor serta makanan khas Jakarta yang lain. Tak heran bila kuliner khas Jakarta demikian banyak terkandung santan. Beberapa bahan Kerak Telor terbuat dari nasi serta ketan aron 1/2 masak yang digabung dengan telur ayam atau telur bebek beserta bumbu rempah. untuk lebih jelasnya silahkan baca resep / cara membuat kerak telor / telur jakarta dibawah ini.

Bahan bumbu kerak telor:

  • 500 gram beras ketan putih,-rendam air dingin dulu semalaman
  • 10 butir telur (telor) ayam,-dikocok
  • 100 gram ebi,-rendam air panas lalu ditumbuk dan sangrai kering
  • 6 sendok makan bawang merah goreng

Bumbu halus Resep Kerak Telor :

>150 gram kelapa, diparut dan sangrai
>5 buah cabe merah
>4 cm kencur
>3 cm jahe
>1 sendok teh merica butiran
>1 sendok teh garam
>1 sendok teh gula pasir

Tips resep Cara Membuat kerak telor betawi :

  1. - Pertama-tama Panaskanlah wajan. Taruh 2-3 sendok makan ketan, bentuk lingkaran 12 cm dan tekan tekan sampai menempel di wajan, Tutup wajan lalu masak hingga matang.

  2. - Selanjutnya tuangkan 5 sendok makan telur kocok, 1 sendok makan bumbu halus, taburi ebi dan bawang merah goreng, aduk ringan sampai semuanya tercampur bersama telur tapi tidak merusak ketan.
  3. - Kemudian Masak kembali hingga kering. Angkat.
  4. - Terakhir beri sedikit bumbu halus, ebi & bawang goreng. angkat, selesai sudah resep dan cara membuat Kerak Telor kita bro.

Sekarang berilah sedikit bumbu halus, ebi & bawang goreng. Setelah dicoba ternyata enak juga makanan kerak telor, saya pernah makan di PRJ sudah lama banget, tinggal sedikit latihan pasti hasilnya sama persis, perlu membiasakan diri dgn resep cara memasak yang tidak lazim atau unik ini, baca juga resep gado-gado jakarta nya. Oks siapa yg mau coba cara membuat Kerak Telor Betawi silahkan saja.


Keterangan makanan Resep Kerak Telor Betawi sederhana spesial :
Durasi wkt Memasak: 1 Jam, untuk : 5 porsi ,
Kandungan gizi : 107 Kalori
artikel resep telah divote : 4 Bintang oleh 37 Resensi

Resep Kerak Telor Betawi asli

penulis

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Parfum Online

Berkaitan Resep Kerak Telor Betawi

Free hit counters