Resep Nasi Uduk Enak Gurih

Resep Nasi Uduk Enak Gurih komplit banget.Pengunjung RESEP4 yg setia, pengen tau cara membuat nasi uduk khas kebon kacang betawi / jakarta, apakah ada bumbu rahasianya?,pakai rice cooker ? baca sini dulu. Cara buat masakan ini tak pakai Rice cooker. Resep masakan ini cukup banyak yg mencari karena terkenal enak di jakarta / betawi dan terkenal dgn sambal kacang yang pedas dan pelengkap yg komplit.
Nasi uduk terbuat dari beras, dimasak dalam santan & banyak bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan nasi yg super harum dan juga beraroma menggoda.
resep nasi uduk
Resep masakan nasi uduk betawi kebon kacang
Banyak orang cinta makanan ini tuk sarapan pagi dgn lauk sederhana Telur dadar gulung, tetapi sedikit yang tau pembuatannya. namun umumnya sebagai makan siang atau makan malam, di mana ayam, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal terasi akan menemani nya, & disebut sebagai komplit disini. silahkan baca jg nasi kuning disini.
Cara buat atau Resep Nasi Uduk gurih khas betawi ini agak sedikit rumit. Beras harus setengah matang dalam panci di atas kompor, dan kemudian dipindah untuk menyelesaikan proses masak selanjutnya. nahhh tuk yang modern, bisa menggunakan rice cooker. Secara pribadi, saya tidak melihat adanya perbedaan kualitas, tetapi jika Anda seorang fanatik tradisi, ada banyak cara buat makanan ini di luar sana yg masih menggunakan cook & metode uap tradisional. Nah pembaca ini dia Cara membuat Nasi uduk yg enak juga gurih dari RESEP4.

bahan bumbu Nasi Uduk :

  • 500 gram beras baus,-dicuci bersih, tiriskan.
  • 600 ml santan,-dari (1 butir kelapa tua).
  • 2 lembar daun salam,-segar.
  • 2 lembar daun pandan,-sobek-sobek, lalu ikat.
  • 1 batang sereh,-segar.
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok makan garam.

Bahan Sambal Kacang Resep Nasi Uduk :

>100 gram kacang tanah, digoreng dulu
>10 buah cabai rawit (kalau suka pedas)
>1 buah cabai merah
>2 siung bawang putih
>1 sendok teh garam
>1 sendok makan gula pasir
>1 sendok makan cuka
>150 ml air matang

- Untuk sambal ; Campurkanlah semua bahan-bahan sambal kacang dan haluskan, berilah air sedikit sedikit hingga terasa cukup kekentalan nya.
Pelengkap Resep Nasi Uduk gurih >teri goreng
>kacang goreng
>bawang goreng
>emping goreng
>sambal kacang
>irisan telur dadar

Kiat Cara membuat Nasi Uduk

  1. - Pertama-tama Masaklah beras setengah matang dulu; selama 25 menit saja, lalu pindahkan ke panci.
  2. - Lalu Didihkan santan kelapa & campurkan bersama bahan diatas lainnya, sesudah campuran santan mendidih, tuangkanlah ke beras tadi sampai kurang lebih satu ruas jari ( ukur!!! ) diatas beras.
  3. - Langkah terakhirnya; masaklah diatas api kecil sampai santan terserap habis. sesudah itu anda Kukus nasi ini, dikukusan nasi hingga matang. Angkat. selesai dong Resep Nasi Uduk komplit khas betawi nya.

Pembaca RESEP4, Tak diragukan lagi oleh semua rasa enak dan gurih dr makanan ini, cocok tuk sarapan pagi (jgn bubur terus) & anda bisa sendiri kayaknya, asal cara membuat nasi uduk ini harus tepat dan tentunya teliti, disajikan dgn sambal kacang pedas ala kebon kacang betawi asli, trus plus pelengkap komplit menjadikan masakan yg enak gurih ini sangat ISTIMEWA.


Keterangan makanan :
Durasi Lama masak: 1 Jam, Untuk : 5 porsi ,
Kandungan Nutrisi : 436 Kcal
Artikel ini t'lah di rate : 4 Bintang oleh 105 Pembaca RESEP4

Resep Nasi Uduk Enak Gurih Komplit

penulis

Artikel Terkait Resep Nasi Uduk Enak Gurih