Resep Opor Ayam Lebaran

Resep Opor Ayam Lebaran asal jawa tengah. Tips Cara membuat makanan dgn bumbu kental santan ini gampang lohhh, lebih enak lagi pakai daging ayam kampung, bisa kering atau kuah sesuka anda .

Resep Masakan ini sangat bisa dijadikan menu tiap hari atau sehari-hari tuk keluarga. asal usul masakan Opor ayam yng RESEP4 dengar, katanya dr daerah Jawa, namun tlah terkenal dan tersebar ke seluruh tanah air indonesia, Opor dr bahan daging ayam mempunyai rasa khas dan juga cara membuat nya lumayan mudah, proses dasar pembuatan opor ( kampung ) tuk idul fitri atau lebaran.
resep opor ayam
Resep Opor Ayam Enak Lebaran yg Kering
daging ayam direbus lalu diberi bumbu santan kental yg ditambah berbagai bumbu bumbu rempah seperti serai, kencur, kuning & dsb deh. Nahhhh makanan sedap ini akan selalu ada dimeja disetiap keluarga muslim ketika idul fitri tiba, bersandingan dgn sambal goreng hati / ati dan juga ketupat / lontong. Ada banyak aneka opor dengan resep enak di indonesia seperti ; Opor telur, opor tahu & daging dan lain-lain nya, tuk itu wajib anda bisa Resep Opor Ayam nih.
Masakan Opor lebaran merupakan hidangan / sajian populer tuk lebaran / Idul Fitri. Silakan ya pembaca temukan sendiri resep ini yg sudah RESEP4 tulis sebelumnya, jika sobat pengen mencoba resep kami?, akan Tetapi jangan lupa pula resep cara membuat Opor Ayam idul fitri Lebaran ini.

Bahan bumbu opor enak Kuning :

  • 1/2 kg ayam segar ( kampung )
  • 1 butir kelapa,-yg tua bener
  • 10 buah bawang merah,-yg segar(tidak basah)
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri (utuh)
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1/4 sendok makan jintan / jinten
  • 1/4 sendok makan merica bubuk
  • 1 cm laos segar
  • 2 lembar daun salam (kering)
  • 1 batang sereh
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • secukupnya garam
  • secukupnya ketupat (pelengkap)

Kiat resep Cara membuat Opor ayam lebaran enak

  1. + Langkah Pertama tama Bersihkanlah daging ayam, kemudian potong potong menurut selera anda (beberapa bagian), dan silahkan sisihkan.
  2. + Kemudian Parut kelapa tua, lalu peraslah sampai mendapatkan santan kental & cair.
  3. + Selanjutnya gan, Haluskanlah semua bumbu bumbu diatas tadi, kecuali sereh, daun salam & laos.
  4. + Nahhhh Sekarang, berilah santan cair di dlm panci besar, kemudian tambahkan bumbu yg halus, aduk-aduk rata hingga mendidih benar.
  5. + Lalu cemplungkan / masukan semua daging ayam yg dipotong-potong tadi, tuangi dgn santan kental.
  6. + Langkah Terakhirnya, Biarkanlah hingga daging matang (empuk) dan bumbu meresap bener. selesai jg masakan opor lebaran kuning kampung persembahan Resep4.
Nah pembaca resep4.blogspot.com, jika tlah beres resep lebaran ini, bisa disajikan Opor Ayam selagi hangat / panas, supaya lebih terasa suasana hari lebaran, jangan lupa juga ketupat yg telah disediakan sebelumnya / disinggung Resep Opor Ayam lebaran diatas, tinggal dipotong potong, lalu masukan ke dlm mangkok, lalu siram dgn kuah Opor Ayam, kemudian taburi bawang merah goreng yg renyah & sambal jd enak dech, begitulah cerita Cara membuat Opor ayam lebaran kering, sobat nih jgn lupa baca resep sambal goreng ati yaa.
Keterangan masakan Resep Opor enak kuning kampung :
Durasi wkt memasak: 1 Jam Untuk: 6 orang ,
Mengandung kalori : 720 Kalori

Fat/Lemak/porsi : 35,7 gram

artikel resep opor sudah divote : 5 Bintang oleh 22 voter

Resep Opor Ayam Lebaran Kuning Enak

penulis

Artikel Terkait Resep Opor Ayam Lebaran