Kumpulan Aneka Makanan Praktis Indonesia

Resep Kue Mangkok Mekar

Resep Kue Mangkok Mekar tepung beras. Cara membuat cake ini tentu pakai gula merah sebagai pemanis dengan sedikit tape singkong didalamnya.

Kue mangkok memang bentuknya seperti mangkuk, jadi dinamakan deh begitu, salah satu kue basah yang terdapat juga di medan yang sudah terkenal. Kue Mangkok terbuat dari tepung beras makanya punya tekstur empuk dicampur tape singkong untuk rasa yang agak asam, dicetak bentuk mangkok dan dikasih warna yg biasanya merah atau hijau, jadilah sebuah cake tradisional yang cukup digemari saat itu dan sampai sekarang, walaupun sudah hampir jarang terlihat. sayang memang kalau sampai kue seperti ini kalau harus sampai punah ( kayak binatang aja).
resep kue mangkok
resep kue mangkok yg mekar
Walaupun kalau admin masih sering lihat di kawinan atau hajatan sunatan, namun ngeri juga kalau sampai hilang begitu saja, apakah ini karena bahan dasar dari resep kue ini yang dirasa cukup mahal (tepung beras) sehingga menyebabkan setiap orang malas untuk membuatnya?, atau ada sebab lain?, ya mungkin saja, tapi yang penting bunda coba dulu ya menurut aturan cara membuat kue mangkok mekar yang kami sediakan disini. Tapi ada juga loh yang dibuat dari ubi.Resep masakan ini telah dicatat oleh ibu mertua, sehingga tak diragukan lagi kesempurnaannya, pasti pada suka, walaupun sebenarnya cake ini mudah kita temui di warung tradisional kampung-kampung. gimana tertarik dengan cara membuat kue mangkok ini?. Nah sekarang apakah pembaca siap menerima catatan RESEP4 tentang kue basah dari tepung beras ini?, Mari sama-sama lihat memasak kue mangkok yang mekar, tanpa tape dan enak rasanya ini.

Bahan bahan Kue mangkok :

  • 175 gram tepung beras,-yg bagus
  • 175 cc air dingin
  • 100 gram tape singkong
  • 150 gram gula palem / merah
  • 75 gram tepung terigu,-merek apa aja
  • 50 gram gula pasir
  • 125 cc air mendidih
  • 125 cc air soda
  • 1 sendok teh baking powder

Kiat Cara Membuat kue mangkok :

  1. - Pertama-tama Campurkanlah tepung beras dengan air dingin, lalu masukkan campuran tape singkong dan gula palem yg sudah diaduk aduk sampai halus. Aduk-aduk lagi.
  2. - terus Masukkan campuran terigu dan gula pasir, aduk-aduk sampai rata.

  3. - Kemudian Masukkan air mendidih yang telah didiamkan 3 menit, aduk aduk sampai rata.
  4. - Setelah itu Campurkanlah air soda dengan baking powder, lalu masukkan dalam adonan tersebut, aduk aduk rata. Saring adonan dengan saringan kawat.
  5. - Didihkan air didalam kukusan lalu simpan cetakan kue mangkok didalamnya.
  6. - Tuanglah adonan kue mangkok ke cetakan sedikit demi sedikit sampai penuh.
  7. - Terakhir Kukus selama 20-25 menit. (Jangan pernah dibuka kalau belum waktunya). done deh Resep Kue Mangkok Mekar kali ini.
Sekarang, Sesudah 20-25 menit silahkan anda buka, lalu diamkan sebentar supaya rada dingin, setelah itu kue mekar tepung beras ini bisa anda rasakan sensasinya atau cicipi, lembut dan empuk serta manisnya kerasa banget, begitulah pengalaman admin saat memasak kue mangkok yang mekar ini, top abis deh. Rekomendasi ini bukan dari kami saja, setiap yang pernah bikin kue ini pasti akan berkata begitu. cicipi juga Bolu kukus nya, selamat anda telah membaca dan menelaah cara membuat kue mangkok mekar resep4, sekarang tinggal olah itu kue.
Keterangan makanan Kue Mangkok mekar :
Resep Kue Mangkok Mekar Review Rating: 4.5 out of 5 berdasarkan 27 Pembaca. Durasi wkt memasak: 1 Jam, Porsi: 10-15 buah ,
perkiraan kandungan kalori : 306 Kalori

Cara Membuat Kue Mangkok Mekar enak Sederhana

penulis

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Berkaitan Resep Kue Mangkok Mekar

Free hit counters