Resep Tekwan Yang Enak

Resep Tekwan Yang Enak Ikan tenggiri ber- kuah. Formula cara membuat masakan sup khas palembang ini relatif mudah dengan bumbu yang gampang didapat. membuat kita ngiler jika melihat makanan ini, hidangan sup yang terbuat dari ikan dan sagu lalu disajikan menggunakan kuah udang dengan rasa yang khas asli palembang. Penasaran ?, ikuti dan baca terus sampai akhir resep masakan ini. Masakan Tekwan tak kalah nikmatnya dengan beberapa makanan khas Palembang yang lain dan admin RESEP4 dibikin jatuh cinta. Masih sama dengan pempek, tekwan juga memiliki bahan ikan, tetapi dalam pemrosesan resep tekwan, adonan ikan itu digabung dengan tepung sagu serta bukannya tepung tapioca seperti di pempek.
resep tekwan
Contoh Resep Tekwan Tenggiri
Adonan tekwan dibuat bulat kecil serta di sajikan dengan memakai rebusan kuah kaldu udang. Juga sebagai pelengkap di Resep Tekwan, tekwan disajikan berbarengan dengan bihun serta soun, irisan bengkoang, irisan jamur kuping, dan dilengkapi dengan taburan daun bawang, seledri serta bawang goreng. Hidangan sup hangat khas Palembang seperti jenis tekwan ini umumnya di santap pada saat sore hari. Bakal makin cocok serta mantap terasa apabila disantap pada hari hujan. berikut cara membuat tekwan yang enak.

Bahan bumbu Resep Tekwan :

  • 250 Gram udang yang segar,-dicincang dulu
  • 250 Gram daging ikan tenggiri,-cincang dulu
  • 125 Gram tepung sagu merk apa aja
  • 2 buah putih telur ayam
  • 1500 ml air
  • 50 Gram jamur kuping,-rendam hingga lunak, tiriskan
  • 25 Gram sedap malam,-rendam hingga lunak
  • 300 Gram bengkuang,-potong bentuk batang korek api
  • 3 batang seldri,-diiris kasar
  • 2 batang daun bawang,-diiris tipis
  • 2 sendok makan margarin
  • Secukupnya Bawang goreng

Bumbu halus :

>8 siung bawang putih
>1 sendok teh lada
>1 sendok teh garam

Tata Cara membuat tekwan yang enak :

  1. - Pertama-tama tuk Kaldu udang : kupas udang, rebus dgn 1500 ml air menggunakan api kecil, saring. selesai, ambil udangnya.
  2. - tuk adonannya : Campur udang, ikan tenggiri, tepung sagu, putih telur, garam, lada, uleni hingga rata betul.
  3. - Selanjutnya Didihkan 1 liter air, ambil adonan ikan, bulat-bulatkan sebesar kelereng, masukkan dalam air mendidih. Masak sampai matang, tiriskan.
  4. - Kemudian Panaskan margarin, tumis bumbu yg dihaluskan tadi sampai harum banget.
  5. - Lalu masukkan udang cincang, aduk-aduk sampai berubah warna, masukkan jamur kuping dan sedap malam, tuang ke dalam kaldu udang, didihkan.
  6. - Terakhir Masukkanlah bengkuang dan adonan ikan yg tlah matang, masak hingga seluruhnya matang. Tambahkan seldri, daun bawang, angkat. selesai resep tekwan enak kami.

Cara menghidangkannya, ambil mangkok besar, masukan kuah lalu taburi bawang goreng dan saus cabai.Mantap, tentu berbeda ya dengan sup yang lain, karena ini terbuat dari udang serta ikan tenggiri yang dibulatkan seperti bakso, kemudian yang unik adalah pemakain bunga sedap malam, tentu wanginya masuk kedalam kuah tersebut. Makanan khas palembang ini sangat banyak diminati, baca juga pempek lenjer. selamat mencoba resep tekwan enak ini.


Keterangan makanan :
Durasi wkt Memasak: 1 Jam Porsi : 6 porsi ,
Kand. gizi : 149 Kalori
Artikel ini tlah mendapatkan : 4.5 Bintang oleh 24 Resensi

Resep Tekwan Yang Enak khas Palembang

penulis

Artikel Terkait Resep Tekwan Yang Enak