Resep Nasi Hainan Komplit

Resep Nasi Hainan Komplit pakai ayam. bisa saja anda bikin pakai rice cooker tapi disini cara membuat nasi ini secara tradisional saja.Tapi saya bingung ada yang menyebutnya nasi hainam hehehe yang mana yang benar ? saya rasa hainan kali ya, karena gak ada nama tempat di china bernama hainam.
Nasi Hainan Komplit yg kami paparkan disini mudah-mudahan bisa sebagai obat rindu anda yang suka akan masakan chinese ini, dengan berbagai bahan dan bumbu yang sama dgn aslinya serta komplit seperti dari sananya, yang akan menjadikan masakan ini sangat mirip.
resep nasi hainan
resep nasi hainan komplit Enak

Sebenarnya banyak ragam masakan ini ; hainam singapore, hainam vegetarian, hainam apollo, hainam rice cooker, Bagi yang pengen cepet-cepet makan, silahkan scroll kebawah resep dan cara membuat nasi hainan / hainam komplit enak praktis ini.

Bahan bumbu Nasi Hainan :

  • 1 Ekor ayam utuh, dipotong-potong dulu
  • 3 batang daun bawang, dipotong per 3 cm
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe memarkan dulu
  • 4 sendok makan kecap ikan
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan Resep Nasi Hainan :

>500 gram beras putih
>2 sendok makan butter
>2 siung bawang putih dicincang
>600 ml air kaldu, dari rebusan ayam diatas
>1/2 bawang bombay cincang dadu
>4 sendok makan kecap ikan
>1 sendok makan minyak wijen
>2 cm jahe memarkan
>6 buah jamur champignon segar diiris tipis
>1 sendok teh garam


Bahan Kuah Resep Nasi Hainan :

>Air kaldu yang sudah dibumbuin
>2 sendok makan kecap manis
>1 sendok makan kecap asin
>1 sendok makan minyak wijen

Tata Cara Membuat Nasi Hainan :

  1. - Pertama Panaskan 1500 ml air. lalu masukkan ayam dan rebus hingga daging empuk.
  2. - kemudian Sisihkan air kaldu 600 ml
  3. - Rebus lagi air kaldu ayam dan masukkan bawang putih, jahe, kecap ikan, garam, daun bawang, merica. biarkan hingga mendidih, lalu angkat ayam dan sisihkan
  4. - Panaskan margarine dalam wajan, lalu masukkan bawang putih cincang dan juga bawang bombay cincang dan jahe, tumislah hingga harum.
  5. - Masukan potongan jamur, garam, kecap ikan, minyak wijen aduk aduk sampai rata, disusul beras aduk aduk juga sampai rata.
  6. - Kemudian masukkan 600 ml air kaldu ditambah 300 ml air biasa, biarkan sampai air habis, angkat
  7. - Lalu kukus nasi selama 20 menit (atau dalam magicomm).
  8. - Terakhir Sisa kaldu ayam yang sudah dibumbuin dicampur kecap manis, kecap asin dan minyak wijen. Aduk aduk rata. selesai deh gan cara membuat nasi hainan akhirnya.

Bagaimana cara penyajiannya nasi hainan / hainam ?, biasa saja, ambil piring, taruh nasi, ayam rebus, sedangkan kuah kaldu bisa disimpan dalam mangkuk kecil sebagai kuahnya. mantap. gurih, sedangkan nasinya berasa sekali bumbu rempah-rempahnya, makanan ini cukup mengenyangkan dan salah satu variasi makan kalau anda bosan dengan nasi biasa, lihat juga nasi kebuli. ok sekarang anda siap mencoba cara membuat Nasi Hainan Komplit enak praktis dirumah?.


Keterangan makanan :
Durasi wkt masak: 1 Jam 20 Menit, untuk : untuk 4 orang,
kand. gizi : 322 Kalori
artikel ini tlah mendapatkan : 5 Bintang oleh 76 Resensi

Resep Nasi Hainan Komplit Enak

penulis

Artikel Terkait Resep Nasi Hainan Komplit