Kumpulan Aneka Makanan Praktis Indonesia

Resep Ayam Goreng Kalasan Asli

Resep Ayam Goreng Kalasan Asli yang Enak. Berbeda dengan kremes dan mbok berek cara membuat ayam goreng ini relatif mudah, mau download?. silahkan hubungi saja kami siapa tahu anda beruntung. Kalasan Fried Chicken, atau hanya dikenal sebagai Ayam goreng asli Kalasan dalam bahasa Indonesia adalah hidangan ayam goreng sangat populer. Hal ini dapat ditemukan hampir di mana saja di Indonesia. Konon katanya dibuat oleh seorang istri petani Jawa tua. Dia adalah salah satu penjaja masakan yang menjual makanan untuk para peziarah yang mengunjungi Candi Kalasan, sebuah kuil kuno Buddha yang terletak di Yogyakarta. Ayam Goreng Kalasan dibumbui dengan bumbu dan rempah-rempah, dengan biji ketumbar sebagai keynote-nya.
resep ayam goreng kalasan
Resep Ayam Goreng Kalasan yg menggoda

Aromanya menyerupai dendeng tradisional Indonesia. Ayam ini awalnya dimasak dengan cara yang memungkinkannya untuk bertahan lebih lama, sehingga wisatawan bisa menyimpannya untuk perjalanan mereka pulang ke rumah. Versi klasik dari Ayam Goreng Kalasan jarang terlihat sekarang, sedangkan versi modern menjadi hidangan nasional populer. Versi modern terlihat lebih menarik karena dilapisi dengan kerak tambahan yang terbuat dari parutan lengkuas segar. Versi modern juga rasanya lebih ringan, sehingga lebih diterima oleh kebanyakan orang di luar Pulau Jawa.Makanan ini biasanya dinikmati dengan nasi panas, sayuran segar (mentimun, selada, lemon basil, dll) dan tentu saja sambal.siap akan resep dan cara membuat ayam goreng kalasan ?, silahkan.

Bahan bumbu :

  • 1 ekor Ayam kampung, dipotong 4 bagian
  • 500 ml Santan Kelapa
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 5 buah bawang putih dihaluskan dulu
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas, diMemarkan dulu
  • secukupnya Garam
  • Secukupnya gula merah
  • secukupnya Minyak goreng

Bahan sambal Resep Ayam Goreng Kalasan Asli :

>15 buah cabe merah
>5 buah bawang merah
>2 buah bawang putih
>1 buah tomat
>1/2 sendok terasi
>Secukupnya Garam
>Secukupnya Gula

Tata Cara membuat Ayam Goreng Kalasan :

  1. - Pertama Rebus ayam bersama Santan kelapa, Soda Kue, Bawang putih & bumbu lainnya sampai matang dan air mengental.

  2. - Kemudian Goreng Ayam sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan,
  3. - olesi atau Tambahkan bumbu kental supaya tidak terlalu mengkilat. selesai resep Ayam Goreng dari Kalasan yg Asli gurih empuk.

Tata cara buat Sambal Ayam Kalasan :

- Pertama Rebus cabe merah dan tomat, tambahkan juga bawang merah, bawang putih, garam dan terasi, lalu ulek hingga halus & tambahkan kaldu rebusan ayam
- Tumis sebentar. selesai

Nikmatnya makanan khas daerah istimewa Yogjakarta ini,baca juga ayam goreng kremes suharti gurih, sangat terasa khas karena santan yang dikandugnya serta dicocol dengan sambal yang memang dibuat berbeda, pedas nya bisa divariasikan sesuai selera. memang sangat cocok kalau anda ambil ayam kampung agak muda karena akan sangat terasa keempukan dan kelezatannya. so silahkan tes memasak Ayam Goreng Kalasan ini deh.


Keterangan masakan ayam gurih empuk :
Durasi wkt memasak : 45 Menit, porsi : tuk 4 orang ,
kira kira kandungan gizi : 276 Kalori
Artikel ini tlah divote : 4.5 Bintang oleh 94 Resensi

Resep Ayam Goreng Kalasan Asli Sederhana Enak

penulis

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Parfum Online

Berkaitan Resep Ayam Goreng Kalasan Asli

Free hit counters