Kumpulan Aneka Makanan Praktis Indonesia

Resep Otak-otak Ikan Tenggiri

Resep Otak otak Ikan Tenggiri bakar tentu sangat enak. Cara membuat makanan ini banyak yang bilang susah, tapi sebenarnya mudah dan sederhana, anda pun bisa bikin dirumah dengan sangat cepat. Namun dibutuhkan ketelatenan dalam meramu masakan khas ini, termasuk membungkus dengan daun pisang, oh ya...anda bisa saja mengganti tenggiri dgn ikan yang lainnya, option saja, misalnya gabus / bandeng. otak-otak adalah makanan tradisional khas Kepulauan Riau (bangka & makassar juga cukup terkenal loh) Indonesia.
Resep Otak-otak Ikan Tenggiri
resep Otak otak Ikan bakar
tapi ada jg di singapura dan malaysia, disenangi oleh seluruh kelompok, baik sebagai camilan ataupun dijadikan oleh-oleh. otak otak dapat dilengkapi dengan bermacam saus yg siap jadi cocolannya. Ada cocolan cuka terasi, cuka tauco, saus asam pedas, serta cuka serba pedas, yang di buat dengan cara manual. Makanan yang enak mesti dapat di nikmati oleh kebanyakan orang, baik diproses bakar, rebus atau goreng. Indonesia yang bernegara agraris sudah tentu terkenal dgn hasil lautnya mempermudah kita untuk memperoleh hasil laut yang fresh. Resep Otak-Otak mesti memakai ikan serta bumbu-bumbu yang fresh, alami, sehat serta tanpa ada bahan pengawet supaya memperoleh cita rasa yang enak serta lezat.untuk itu mari kita lanjutakan dan melihat resep dan cara membuat otak otak dari ikan tenggiri dibawah ini.

Bahan bumbu Resep Otak otak :

  • 1/2 kg daging ikan tenggiri / ikan bandeng digiling halus
  • 75 gram tepung sagu
  • 200 cc santan kental
  • 50 cc putih telur
  • 75 gram gula pasir
  • ½ sendok teh merica
  • 1 buah bawang merah, digiling halus
  • 2 siung bawang putih, digiling tipis
  • 50 gram daun bawang, digiling tipis
  • Secukupnya garam
  • secukupnya daun pisang

Tata Cara Membuat Otak otak Ikan Tenggiri:

  1. - Pertama Campurkan adonan dengan telur kemudian bungkus dengan daun pisang, ikat kedua ujungnya atau tusuk dengan tusuk gigi
  2. - Kemudian Panggang sampai matang, selesai, Resep Otak otak ini.
tips : Gunakan arang agar lebih enak dan jangan terlalu besar baranya, anda bisa saja menggunakan wajan anti lengket (teflon) untuk membakar, lalu tutup wajannya dan masak dengan api kecil saja.

Biasanya diSajikan dgn cuko atau sambal kacang, rasanya empuk, lembut & enak. rasa ikan tenggiri akan sangat terasa dgn campuran rempah dan bumbu yang pas, dan juga menyehatkan lohh, ada kalori sekitar 143 an disini, sedangkan ikan bandeng 129 kalori saja. silahkan coba saja Resep Otak otak Ikan Tenggiri ini.

- Baca Jg Resep Pesmol Ikan Nila.
Keterangan makanan :

Durasi Waktu Memasak: 40 Menit porsi : 5 Orrang ,
kand. gizi : 143 Kalori

Resep Otak-otak Ikan Tenggiri Bakar

penulis

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Parfum Online

Berkaitan Resep Otak-otak Ikan Tenggiri

Free hit counters